Kamis, 14 April 2011

Terumbu Karang Menawan di Pulau Weh

Seiring waktu, pasca tsunami yang melanda Aceh, Pulau Weh berada sekitar 32 km dari Banda Aceh. Pulau yang disebut juga pulau sabang ini memiliki keistimewaan karena memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk  dikunjungi. Pulau Weh yang diapit oleh terumbu karang menawan, bisa menjadi pilihan wisata alam yang menarik. Di sana, Anda bisa melakukan kegiatan menyelam di antara keindahan terumbu karang yang hidup. 
Menyelam ialah salah satu kegiatan paling dikenal di Pulau Weh. Banyak penyelam handal dan instruktur menyelam dengan senang hati akan mengantar Anda untuk menjelajahi alam bawah laut di pulau ini. Jika Anda seorang pemula sebaiknya disertai instuktur menyelam. 


Berada di kedalaman laut, saat air perlahan berwarna biru kegelapan, Anda dapat melihat bagaimana pulau ini terpisah dari Pulau Sumatera beberapa juta tahun yang lalu. Tampilan itu akan terasa sempurna dengan berbagai hewan laut yang berlalu-lalang di antara Anda. 

Jangan puas hanya menjelajahi keindahan dasar laut, cobalah juga jelajahi Kota Sabang yang merupakan Ibu Kota Pulau Weh. Di sana, Anda bisa berpose dengan sebuah bantalan tanda bertuliskan "Indonesia Nol Kilometer." 

Masih di sekitar pulau, Anda bisa menikmati ayunan jaring tempat tidur yang terikat di antara pohon kelapa. Kehidupan yang berjalan lambat, membuat suasana bertambah santai. Jangan lupa merasakan kesegaran air terjun yang ada di dalam hutan. Sebuah pintu gerbang yang akan menghadirkan keindahan surga tropis. 

Bagi penggila belanja, coba kunjungi pasar tradisional untuk mendapatkan suvenir dari kayu kelapa sebagai oleh-oleh untuk orang yang Anda cintai atau mungkin hanya tersimpan di sudut meja sebagai kenang-kenangan. 

Pasar tradisional juga menawarkan buah-buahan tropis yang segar, lauk pauk dan makanan ringan tradisional. Dodol, keripik, kue dan roti khas pulau dapat ditemukan di sini. Ini juga merupakan tempat untuk berbaur dengan penduduk setempat. Sebaiknya Anda datang di pagi hari ketika pasar ramai pembeli. 

Untuk berkeliling pulau, Anda bisa menggunakan jasa minibus, sepeda motor atau becak roda tiga. Bila ingin perjalanan yang lebih nyaman, Anda juga bisa menyewa mobil. Khusus untuk menjelajahi pantai, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berjalan kaki sambil ditemani semilir angin. 

Akses menuju Pulau Weh cukup mudah. Setelah sampai di Banda Aceh, Anda dapat menggunakan feri dari pelabuhan Ulee Lheue menuju Pantai Gapang. Perjalanan hanya memakan waktu beberapa jam, atau 45 menit jika Anda memutuskan naik speedboat. 

Ada satu hal yang harus diperhatikan jika datang berkunjung. Anda sebaiknya berpakaian sederhana dan sopan. Penduduk setempat sebagian besar Muslim, dan pakaian sederhana lebih disukai. Jangan lupa bawa pakaian renang dan sun block, serta peralatan lain yang diperlukan.
[Sumber: MI dan admin]                                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar